Rumpin BangJo PKBI Jateng Terima “Vacational Award for Dedication”

Jembawan 8 (28/3). Dedikasi, semangat dan kerja keras yang dilakukan para relawan Rumah Pintar (Rumpin) BangJo dalam mendampingi anak jalanan menuai hasil. Sejak lahirnya, tanggal 1 Agustus 2010 sampai saat ini, mereka tetap konsisten mendampingi anak jalanan dan anak-anak marginal di Pasar Johar.  Semangat layanan yang tidak kenal lelah itu telah mencuri perhatian  Rotary Club of Semarang Kunthi. Mereka menganugerahkan “Vacational Award for Dedication, Passion and Hard Work of Service” kepada Rumah Pintar BangJo dalam sebuah acara diskusi di Vina House Semarang. Plakat diserahkan langsung oleh President Rotary Club of Semarang Kunthi kepada Koordinator Rumpin BangJo Vivi Maryati.

Pada kesempatan tersebut, Vivi Maryati memaparkan kiprah Rumah Pintar BangJo PKBI Jawa Tengah dalam membantu pemenuhan hak anak di bidang pendidikan dan kesehatan bagi anak-anak di Pasar Johar Semarang. Lebih dari 100 anak saat ini menjadi dampingan Rumpin. Mereka bersama orang tuanya tinggal di pasar dalam kondisi seadanya.

Anak, sesuai UU no 23 tahun 2002 adalah siapa pun yang berusia di bawah 18 tahun.

Meskipun belum termasuk orang dewasa, anak tetap mempunyai hak anak yang merupakan bagian dari hak asasi manusia yang wajib dijamin, dilindungi, dan dipenuhi oleh orangtua, keluarga, masyarakat dan negara.

“Anak-anak dampingan Rumpin adalah kaum pendatang, mereka tinggal dan menetap di area pasar yang boleh dikatakan tidak layak huni baik secara kondisi sosial maupun kelayakan prasarana. Keadaan inilah  yang menjadi sumber pembentukan karakter dan pola hidup yang keras, dan berisiko terhadap berbagai macam penyakit hingga dampak buruk lainnya seperti kriminalitas, penyalahgunaan obat-obatan terlarang hingga masalah seksualitas” ungkap Vivi.

Dalam paparannya, Vivi juga menjelaskan bahwa kegiatan sehari-hari Rumpin BangJo yang berlokasi di pemukiman padat Kampung Pungkuran Kelurahan Kauman Kecamatan Semarang Tengah ini, diisi dengan kegiatan belajar mengajar pada sore hari. Disediakan pula fasilitas perpustakaan, meski koleksi bukunya masih terbatas. Tak hanya belajar, anak-anak juga diajari menari, ketrampilan, sepak bola serta outing.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Daerah PKBI Jawa Tengah Elisabet S.A Widyastuti, M.Kes menyatakan bahwa Penghargaan yang diterima oleh Rumpin BangJo PKBI Jateng mengisyaratkan bahwa masih juga ada kelompok masyarakat yang peduli terhadap apa yang telah dilakukan oleh Rumpin BangJo. Hal ini juga merupakan sarana pengenalan kepada publik bahwa masih ada banyak tugas kemanusiaan yang perlu dibenahi sebagai rasa peduli terhadap anak bangsa yang tersisihkan. Dia juga berharap agar penghargaan ini dapat menjadi pelecut semangat para relawan untuk terus berkarya. (antonius juang saksono)

Sebarkan

Tinggalkan Komentar