Implementasi Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja

SEMARANG, suaramerdeka.com Pusat Informasi Layanan Remaja (PILAR) – Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia (PKBI) Jawa Tengah melakukan penandatanganan kerja sama dengan sembilan sekolah di Kota Semarang yang berkomitmen mengimplementasikan Program Pendidikan Kesehatan Reproduksi Seksual (PKRS) Remaja.

Dengan penandatanganan kerja sama ini menurut Direktur Eksekutif Daerah PKBI Jawa Tengah Elisabet SA Widyastuti berharap, siswa-siswi di sekolah-sekolah yang berkomitmen tersebut bisa mempunyai pengetahuan yang cukup pada kesehatan reproduksi. Selain juga mampu melindungi dirinya dari resiko kesehatan reproduksi.

“Kerja sama selama empat tahun dari 2016-2020 dan pada tahun keempat menyiapkan keberlangsungan program ini. Diharapkan, pemerintah pada saat kerja sama berakhir, sudah mengakomodasi dan mengimplementasikan di sekolah-sekolah lainnya,” kata wanita yang akrab disapa Lisa saat ditemui di Wisma PKBI Jawa Tengah Jalan Jembawan, Rabu (9/11).

Mengenai pertimbangan sekolah yang diajak kerja sama, PKBI mempunyai pertimbangan multiple component approach dimana di satu wilayah ada sekolah, puskemas atau bidan swasta dan perguruan tinggi mempunyai peer educator yang bekerja sama dengan pihaknya.

Sekolah yang menandatangani kerja sama, enam SMA sederajat dan tiga SMP sederajat di Kota Semarang. Antara lain, SMPN 22 Semarang, MTsN 1 Semarang, SMP 28 Semarang, SMK Texmaco, SMAN 8 Semarang, SMAN 12 Semarang, SMAN 15 Semarang, SMKN 9 Semarang dan MA Uswatun Khasanah.
(Puthut Ami Luhur/CN41/SMNetwork)

Sebarkan

Tinggalkan Komentar