Keluarga Kita, Keluarga yang Sehat, Bermartabat dan Kuat

Mengupas masalah yang berkaitan dengan keluarga senantiasa memiliki daya tarik tersendiri, bahkan mungkin sama menariknya dengan masalah politik yang dewasa ini (Orde Reformasi) merupakan “makanan” sehari-hari bagi keluarga-keluarga di Indonesia.

Barang siapa yang mampu mengatur keluarga dengan baik, maka diapun akan mampu mengatur organisasi yang lebih luas didalam masyarakat. Mengapa?

Karena KELUARGA merupakan unit organisasi terkecil dari negara dan perannya sangat menentukan bagi tumbuhnya generasi muda sebagai pemegang tongkat estafet didalam mencapai cita-cita luhur suatu bangsa.

Keluarga terdiri dari Ayah, Ibu, dan Anak, dimana masing-masing mempunyai tanggung jawab, kewajiban dan hak didalam melaksanakan fungsinya.

Ayah – Ibu adalah inti keluarga, anak adalah mutiara dan buah cinta orang tua, sedangkan keluarga itu sendiri secara bulat merupakan inti bangsa.

Didalam manajemen keluarga, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan, yaitu :

  1. a)    Keharmonisan hubungan orang tua ( Ayah dan Ibu )
  2. b)   Panutan atau contoh
  3. c)    Komunikasi ( dialog ) dua arah
  4. d)   Fasilitas yang memadai sebagai sarana pendukung

Dengan demikian apabila keempat faktor tersebut sudah terpenuhi, niscaya keutuhan dan ketahanan keluarga untuk menghadapi berbagai gangguan dapat diatasi secara baik.

Sebarkan

Tinggalkan Komentar